Bagaimana Cara Kerja Kampanye Iklan Facebook?

Katherine 0

Pemasaran jaringan sosial, atau pengoptimalan media sosial, adalah serangkaian istilah samar yang semakin banyak digunakan oleh perusahaan dari semua ukuran untuk mengiklankan produk mereka. Situs jejaring sosial telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir dengan sejumlah orang mendaftar setiap hari. Situs web ini memungkinkan publik membuat profil secara gratis dan mempublikasikan pembaruan tentang kehidupan mereka ke seluruh dunia. Jenis pemasaran ini telah memperoleh banyak kesuksesan karena bisnis dan individu dapat berinteraksi satu sama lain secara berkala.

Iklan Facebook adalah salah satu jenis pemasaran ini, yang ideal untuk siapa saja yang ingin memasarkan di platform media sosial. Konsepnya cukup mudah dipahami. Beriklan di situs ini dilakukan melalui penggunaan iklan bertarget, yang dapat ditempatkan pada halaman profil Anda. Ketika seseorang mengklik iklan tersebut, mereka akan dibawa ke halaman yang berisi informasi mengenai produk tersebut. Ini dapat mencakup detail seperti harga, deskripsi, serta tautan ke situs web perusahaan.

Sangat penting untuk mempertimbangkan dengan hati-hati target pasar yang ingin Anda iklankan saat membuat iklan untuk Facebook. Jika Anda hanya tertarik untuk menargetkan orang dewasa pada contoh di atas, kemungkinan hasil kampanye iklan Anda akan minimal. Di sisi lain, jika Anda ingin menargetkan remaja, Anda mungkin menemukan bahwa iklan Anda bisa efektif karena konten dalam halaman akan diarahkan ke audiens khusus ini. Terlepas dari audiens mana yang Anda coba jangkau, penting bagi Anda untuk mengembangkan kampanye iklan yang sesuai untuk demografis tertentu.

Aspek lain dalam membuat iklan untuk Facebook yang patut dipertimbangkan adalah jumlah uang yang tersedia untuk dibelanjakan pada iklan ini. Tidak seperti bentuk iklan berbayar tradisional yang mengharuskan pembelian iklan individual, Anda dapat membuat kampanye yang menawarkan solusi massal dengan biaya yang wajar. Dimungkinkan untuk membeli iklan dalam jumlah besar dari perusahaan seperti Facebook dengan biaya yang relatif rendah, namun hal ini dapat membatasi dalam beberapa kasus. Jika Anda ingin menargetkan volume orang yang lebih besar atau populasi yang beragam, Anda mungkin perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan lebih banyak iklan dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan dengan cermat manfaat dan batasan iklan media sosial sebelum mengambil keputusan.

Setelah Anda mempertimbangkan demografi dan memilih anggaran yang sesuai untuk kampanye Anda, sekarang saatnya untuk mulai membuat iklan itu sendiri. Opsi populer yang dipilih banyak perusahaan untuk digunakan adalah membuat iklan yang terlihat seperti iklan biasa yang akan Anda lihat di majalah atau surat kabar. Jenis iklan ini umumnya tidak relevan dengan bisnis aktual perusahaan dan hanya akan menjangkau orang-orang berdasarkan demografi mereka. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih demografi spesifik mana yang ingin Anda targetkan melalui iklan ini. Misalnya, jika Anda ingin menjangkau orang-orang yang berbasis di area London, tidak ada gunanya mengiklankan produk di majalah yang peluangnya sangat kecil untuk dibeli oleh orang yang berbasis di London.

Cara yang jauh lebih efektif untuk menjangkau orang-orang yang berbasis di area bisnis Anda yang sebenarnya adalah dengan membuat iklan yang muncul di situs web dengan audiens yang besar. Anda dapat, misalnya, membuat iklan Facebook yang muncul di situs web seperti Gumtree dan Rentacoder. Kedua situs ini memiliki target audiens yang besar dan luas. Jika tujuan Anda adalah menjual produk kepada audiens ini, perlu diingat bahwa keberhasilan kampanye iklan Facebook sangat bergantung pada pemilihan jenis iklan yang tepat – dalam hal ini, ‘posting bersponsor’ Facebook bisa jauh lebih efektif daripada standar iklan!